Sosialisasi Pendataan & Penandaan Ternak Dalam Rangka Vaksinasi PMK -->




Sosialisasi Pendataan & Penandaan Ternak Dalam Rangka Vaksinasi PMK

Wednesday, September 21, 2022

 


PANDEGLANG, klikviral.com - Kepala Puskeswan Kabupaten Pandeglang Ade Setiawan S.Km didampingi Rudi Selaku staf Puskeswan Kabupaten Pandeglang. Gelar Sosialisasi Penanganan dan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sosialisasi yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun Anggaran 2022 tersebut. Tepatnya Di Aula Kantor Koramil Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, Banten.


Agenda kegiatan tersebut meliputi Sosialisasi Vaksinasi dan Pengobatan Ternak serta Sosialisasi Penandaan dan Pendataan Ternak.Rabu(21/09)


Ade Setiawan S.Km Kepala Peternakan dan Kesehatan Hewan menjelaskan, Vaksinasi dan Pengobatan Ternak harus sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Vaksinasi yang telah ditetapkan. Yakni, jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin inactive yang memiliki kesesuaian dengan serotipe virus PMK yang bersirkulasi di Indonesia berdasarkan hasil uji kesesuaian vaksin ( Vaccine Matching Test) serta telah mendapat rekomendasi dari Pejabat Otoritas Veteriner Nasional.



Sedangkan dalam hal Penandaan dan Pendataan Ternak dilakukan untuk mengetahui identitas hewan dan jumlah populasi hewan yang telah divaksinasi. Selain itu, dalam jangka panjang aktivitas penandaan ini juga bermanfaat mengetahui jumlah seluruh populasi hewan, status reproduksi, dan distribusi melalui penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


Kegiatan sosialisasi ini diikiuti oleh

Ade Setiawan, S.Km Kepala Puskeswan Kabupaten Pandeglang, Rudi Staf Puskeswan Kabupaten Pandeglang dan Pasilitator PMK, Dadang Daryatno BPP Munjul, PPL Angsana, Ami, S.P BPP Angsana Pasilitator PMK, SERDA Tata Subrata Babinsa, SERDA Sobari Babinsa BRIPKA Arif Supratman, SH Bhabinkamtibmas


Sosialisasi Pendataan & Penandaan Ternak Dalam Rangka Vaksinasi PMK kepada petugas Pendataan dan Penandaan Ternak Rentan (Kerbau, Sapi, Kambing & Domba) dalam rangka penanganan PMK di Kabupaten Pandeglang yang di laksanakan dimulai Bulan September s/d Bulan Desember di Wilayah Kecamatan Munjul dan Kecamatan Angsana. 


Tujuan diselenggarakannya vaksinasi PMK (Penyakit Mulut & Kuku) ini adalah untuk meningkatkan kekebalan ternak terhadap virus PMK sehingga tidak mudah terserang penyakit PMK dan menghindari penyebaran PMK serta Pembentukan petugas Pelaksanaan Pendataan, Penandaan dan Vaksinasi PMK, bertujuan ditugaskan untuk hewan ternak berkuku dua.


(YEN/RG)