Loka Karya Mini Program Bangga Kencana Pembangunan Keluarga Kependudukan & Keluarga Berencana Kecamatan Munju -->




Loka Karya Mini Program Bangga Kencana Pembangunan Keluarga Kependudukan & Keluarga Berencana Kecamatan Munju

Wednesday, September 21, 2022

 


PANDEGLANG, klikviral.com - Lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas. Dalam rangka penguatan program kerja dan sebagai bentuk upaya penggalangan serta pemantauan kegiatan sesuai dengan perencanaan, puskesmas di wilayah kerja Kecamatan Munjul melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor melalui kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor.


Kegiatan ini dilaksanakan mulai Pukul 09:30 yang bertempat di Kantor DP2KBP3A, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kecamatan Manjul Kabupaten Pandeglang, Banten. Rabu(21/09)


Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.


Saat ini ditugaskan kepada DP2KBP3A Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kecamatan Manjul, pelaksanaan bekerjasama dengan tim pendamping PPK, Bidan Desa & Kader. Adapun yang terdata Stunting di wilayah Kecamatan Munjul ada 6 diantaranya Desa Munjul 1 Orang, Desa Panacaran 3 Orang, Desa Curuglanglang 1 Orang, Desa Sukasaba 1 Orang, Desa Gunungbatu 1 Orang. Dan untuk Pencegahan Stunting terhitung 1000 hari pertama sejak hamil hinggal melahirkan & anak sampai berusia 5 Tahun dengan memberikan makanan yg bergizi pendorong asi untuk menjaga kesehatan ibu & anak.



Khamdhan Pramana Kepala Kapus Kecamatan Munjul mengharapkan melalui kegiatan lintas sektor ini mampu memberikan edukasi dan pemahaman pada masyarakat agar memenuhi protokol kesehatan.


“Dalam menangani masalah kesehatan, terutama dalam masa pandemi Covid -19 ini, diharapkan kerjasama antar lintas sektor Babinsa, Babinkamtibmas puskesmas, Kepala Desa dengan memberikan edukasi dan pemahaman agar masyarakat memenuhi protokol kesehatan,” tuturnya


Kegiatan ini dihadiri, Khamdhan Pramana Kapus Kecamatan Munjul, Agus Setiawan SE Kasi Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Munjul, Anggun Wijaya Sos Koordinator DP2KB P3A Kecamatan Munjul, IIP SURAMIHARJA SH Kepala Desa Munjul, BRIPKA Arif Supratman, SH Bhabinkamtibmas Polsek Munjul, SERDA Sobari Babinsa, serta Aparatur Desa Se Kecamatan Munjul.


(YEN/RG)