Hasil Karya WBP Lapas Cilegon Diterima Oleh Masyarakat dan Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Tengah -->




Hasil Karya WBP Lapas Cilegon Diterima Oleh Masyarakat dan Diapresiasi Oleh Gubernur Jawa Tengah

Tuesday, September 20, 2022


CILEGON, klikviral.com - Hasil Karya Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon Kanwil Kemenkumham Banten mendapatkan apresiasi oleh Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Ganjar Pranowo, Selasa (20/9/2022). 


Momen tersebut sempat diabadikan dalam beberapa foto oleh Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten. Saat itu, Ketua Umum Kagama sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, diberikan oleh-oleh berupa roti dan handycraft berbentuk menara pantau Lapas ketika menghadiri acara reuni yang diselenggarakan oleh Kagama Banten, di Hotel Horison Pandeglang, Jum'at (16/09).


Kepala Kantor Wilayah Tejo Harwanto turut berharap bahwa kedepannya hasil-hasil karya warga binaan pemasyarakatan di Wilayah Banten dapat terus disebar luaskan kepada masyarakat sehingga masyarakata bisa mengenal berbagai hasil kreativitas WBP sekaligus mengetahui kegiatan pembinaan kemandirian WBP tersebut. 


“Kita terus berusaha untuk memberikan program-program kemandirian bagi warga binaan pemasyarakatan agar terus produktif dan menghasilkan karya-karya yang bisa dipergunakan oleh masyarakat luas,” tuturnya




Kalapas Cilegon Sudirman Jaya mengaku sengaja memperkenalkan hasil kerajinan warga binaannya di acara tersebut. Hal ini, sebagai bentuk pengenalan produk karya Lapas agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.


"Dengan memperkenalkan hasil karya di Lapas, Kami ingin menunjukkan bahwa warga binaan kami mampu menghasilkan produk yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga kedepannya, WBP kami lebih percaya diri untuk memulai usahanya sendiri, setelah mereka bebas nanti, "ungkap Sudirman. 


Hasil Karya Warga Binaan Pemasyarakatan ini merupakan hasil pembinaan pelatihan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon. Pelatihan kemandirian merupakan suatu wadah dalam mengembangkan minat dan bakat warga binaan sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat," Tutup Sudirman. 


Irul/RG