-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadi Obrolan Warga, Tabir Gelap Dana Lingkungan Desa Cikawung Dusun Cijati

Tuesday, February 2, 2021 | February 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-27T07:41:11Z

Indramayu | Rusaknya jalan lingkungan yang menimpa warga Desa Cikawung Dusun Cijati Kecamatan Terisi Kabupeten Indramayu Jawa Barat menjadi topik pembicaraan warga sekitar dan menjadi obrolan masyarakat di pinggir warung warung kopi sekitar penambangan pasir .

Berbagai tanggapan dan cibiran pun nampaknya mulai menghiasi bahasan tiap obrolan para warga di sana dan menjadi topik hangat dalam setiap perbincangan .

Betapa tidak , dana lingkungan yang diberikan para penambang galian pasir selama puluhan tahun, namun nampaknya tidak berdampak pada lingkungan sekitar, Informasi beredar , jika selama ini dana lingkungan tersebut hanya di nikmati oleh segelintir “Oknum ” yang mengatasnamakan kepentingan pribadi.

Selain rusaknya jalan utama menuju penambangan pasir , kecelakaan lalu lintas pun diakui menjadi ancaman bagi warga sekitar karena jalannya penuh lubang dan rusak . Tak sedikit kendaraan sepeda motor warga yang melintas terjungkal akibat jalan rusak tersebut .

” Dulu yang saya dengar jika galian tambang pasir ini selesai maka jalan di kampung kami akan di aspal dan fasilitas umum akan dibuatkan, tapi kenyataan nya enggak ” kata warga yang namanya enggan disebutkan .

Masyarakat Desa Cikawung merasa curiga, karena selama ini pihak pengelola lingkungan tidak terbuka dan transparan dalam mengungkap kemana saja dana lingkungan ini terserap dan mengalir .

” Kami sebagai masyarakat perlu keterbukaan dana lingkungan yang selama ini didapat dari kordinasi penambang pasir yang berada di kampung kami ” ungkap warga lainnya .

Di tenpat terpisah , Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Kami Ada Andi Tatang Supriyadi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengumpulkan bukti – bukti terkait pertanggung jawaban dari pihak pengelola lingkungan setempat .

” Kami sudah menemukan bukti-bukti laporan pertanggung jawaban dana lingkungan periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Sementara untuk laporan pertanggung jawaban dana lingkungan yang selama ini didapat dari penambang galian pasir periode tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 masih dalam tahap pengumpulan data dan keterangan saksi dari warga setempat ” ujar Andi Tatang ketika dihubungi telepon selulernya , Selasa 2 Februari 2021 .

 

Pakar Hukum pidana ini juga berharap agar persoalan dana lingkungan tidak berlarut – larut dan segera menemui titik terang dalam pekan ini .

” Kami berharap bahwa polemik dana lingkungan Dusun Cijati Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu bisa terungkap secara jelas dan transparan ” pungakas Andi Tatang dengan nada keras . (AK)

×
Berita Terbaru Update